NETWORKING MODEL TCP / IP PADA FTP

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh…

Hari ini saya akan menjelaskan tentang, Networking Model TCP/IP pada File Transfer Protocol atau biasa disebut FTP. Oke saya langsung saja :))

UNGGAH

  • merupakan Proses menransfer file atau informasi dari sebuah komputer ke komputer lainnya/server melalui internet.
  • Tujuannya berbagi file kepada orang lain, Memberikan informasi atau file yang bermanfaat bagi umum.

UNDUH

  • merupakan Proses mengambil file atau mentransfer file dari suatu komputer ke komputer lainnya.
  • Tujuannya untuk mencari atau menerima file yang diinginkan untuk digunakan sebagai mana mestinya.

dari penjelasan kedua diatas, itu sudah bisa dikatakan FTP, yaps… FTP juga bisa diartikan sebuah protokol yang tugasnya mengirim, membagikan data, berkas ataupun file lainnya.

DEFINISI FTP

  • File Transfer Protokol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol.
  •  Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP Client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client.
  •  FTP client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (mengupload atau mendownload file).

KELEBIHAN FTP

1. FTP dapat Mempermudah dalam mengunggah data

2. FTP dapat mentransfer data

3. Pada FTP online terdapat fasilitas untuk mengupload data ke server dalam jumlah banyak sekaligus jadi tidak satu persatu.

4. Pada FTP dapat melayani tukar-menukar file

5. FTP merupakan Versi paling gres juga dilengkapi dengan seperangkat program auditdan penanganan acount.

KEKURANGAN FTP

  1. FTP merupakan cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena filedikirimkan tanpa di enskripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear teks. Mode text yangdipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary.
  2. Keamanan dan kemudahan penggunaan seringkali berbentrokan dan menjadi dilema para administrator sistem.
  3. FTP desainnya masih lemah sehingga mengakibatkan tidak terinformasinya paraadministrator sistem mengenai risiko yang mereka hadapi.

SECURE

  •  FTP sebenarnya cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena file dikirimkan tanpa di-enkripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear text.
  • FTP menggunakan mode ASCII dalam transfer data. Karena pengirimannya tanpa enkripsi, username, password, data yang di transfer, maupun perintah yang dikirim dapat di sniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (sniffer).

CARA KERJA FTP

  • Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan mendengarkan percobaan koneksi dari suatu client FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur atau control port dalam membuat sebuah koneksi antara client dan server, untuk mengizinkan klien dalam mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server serta dan juga mengembalikan respon server ke perintah itu.
  • Sekalinya koneksi kontrol sudah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 agar dapat membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang di pertukarkan ketika melakukan pengunduhan.

PROTOKOL

berikut adalah video yang menerangkan apa itu sebenarnya FTP, dan bagaimana sih cara kerja yang sesungguhnya

*maaf saya tidak bisa menampilkan langsung videonya disini, dikarenakana saya tidak mendapatkan embed kode dari video tersebut, tapi kalian masih bisa melihat video tersebut jika menginginkannya, link video sudah saya taruh di bawah bagian “REFERENSI”.

mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan, mohon maaf yang sebesar-besarnya jika memang ada kekurangan atau kecacatan info, sekian terima kasih…

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh…

REFERENSI

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Berkas (tidak terdapat sumber pasti)
  • https://www.youtube.com/watch?v=-n79nIhPmMI
  • https://www.sekolahpendidikan.com/2017/07/pengertian-file-transfer-protocol-ftp.html
  • Masaleno, Andi. 2011. Kamus Istilah Komputer & Informatika Disertai panduan dalam menyelami dunia komputer dan informatika. BanguntapanYogyakarta: FlashBooks

Tinggalkan Balasan